Tips Bagi Anda Yang Terjebak Di Lokasi Banjir

Tips Bagi Anda Yang Terjebak Di Lokasi Banjir

Halo sobat Toyota Medan Sumut, kali ini admin ingin berbagi tips yang bermanfaat bagi kita semua. Saat ini musim hujan telah tiba, saatnya antisipasi diri agar terhindar dari banjir dan kemacetan di jalan akibat genangan air yang dapat mengganggu perjalanan kita. Jangan sampai mobil yang kita kendarai tiba-tiba mogok akibat banjir tersebut dan membuat suatu kesalahan yang tidak diinginkan.

Namun bagi anda yang sering terjebak banjir, ada beberapa tips agar anda selamat di lokasi banjir tersebut. Berikut tips bagi anda yang terjebak di lokasi banjir :

  1. Nyetir di tempat banjir tidak perlu ngebut. Kenapa? Untuk menghindari cipratan berlebih di ruangan mesin yang berpotensi bikin mogok.
  2. Nerjang banjir paling aman pakai gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau 1). Karena beban mobil lebih berat waktu menerjang banjir.
  3. Tidak perlu resah urusan knalpot jika kemasukan air. Kenapa? Karena knalpot tidak akan bisa kemasukan air selama mesin tetap nyala.
  4. Ketimbang knalpot, yang harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir.
  5. Karena filter udara yang kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa bikin mogok. Maka dari itu perlahan saat melintas.
  6. Jika memungkinkan, hindari berhenti ditengah banjir. Karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.
  7. Pada dasarnya, mobil bermesin diesel lebih aman menerjang banjir dibanding mesin bensin. Diesel lebih bersifat ‘Waterproof’.
  8. Kenapa tidak boleh terlalu di gas waktu lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat menyedot udara. Makin berpotensi untuk mengisap air.
  9. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang bikin mobil kita mogok justru terjangan ombak air berlebih dari mobil sebelah.
  10. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Hal itu cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin.
  11. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
  12. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa? karena menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Berpotensi merusak transmisi karena oli bercampur air.
  13. Jika belum familiar dengan jalan yang dilewati. Usahakan jangan melintas di pinggir jalan. Mungkin saja ada selokan atau lubang besar yang tidak terlihat.
  14. Jika mobil mengambang terseret arus, buka semua pintu biar mobil tenggelam dan ban dapat traksi maju.
  15. Dilarang menggunakan seat belt dan bukalah kaca untuk menjaga-jaga ada evakuasi untuk keluar dari mobil.

Nah, itulah beberapa tips jika anda terjebak di lokasi banjir. Semoga tips ini memberikan kita pengetahuan dan manfaatnya.

(Visited 29 times, 1 visits today)

Write a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *